0
Home  ›  Bisnis  ›  Tips

15 Strategi Cara menghasilkan uang di TikTok 2024

"Sejak tahun 2020, TikTok telah menawarkan program kepada pembuat konten paling populer untuk memonetisasi konten."

Cara menghasilkan uang di TikTok
15 Strategi Cara menghasilkan uang di TikTok 2024


Cuankycuan.biz.id - TikTok sekarang menjadi platform media sosial yang sangat populer sejak awal berdirinya, memanfaatkan ketenaran awalnya karena orang-orang tertarik pada kontennya yang ringan dan berdurasi pendek. Lonjakan popularitas ini berarti TikTok sudah matang dengan peluang pendapatan, sesuatu yang harus disediakan oleh strategi pemasaran TikTok Anda.


Dari tren hingga sub kultur setia seperti #BookTok, cara kreatif dan autentik untuk memposisikan dan menjual produk atau layanan mereka langsung ke pemirsa TikTok. Anda juga bisa melakukannya dengan membuat video pendek yang menarik dan bermanfaat yang menyampaikan langsung minat pemirsa Anda.


Tapi dari mana Anda memulainya? Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan 15 strategi teratas tentang cara menghasilkan uang di TikTok, yang diperbarui untuk menyertakan perubahan pada dana kreator yang diumumkan pada November 2023.


1. Bergabunglah dengan Program Kreativitas TikTok/Dana Kreator


Sejak tahun 2020, TikTok telah menawarkan program kepada pembuat konten paling populer untuk memonetisasi konten. Pada November 2023 TikTok mengumumkan beberapa perubahan pada cara kerjanya, bergantung pada lokasi Anda di dunia. TikTok menutup Dana Kreator untuk pengguna di AS, Inggris, Jerman, dan Prancis serta menggantinya dengan Program Kreativitas mulai 16 Desember.


TikTok mengatakan dana baru ini akan memungkinkan pembuat konten di negara-negara tersebut menghasilkan lebih banyak uang dengan mengunggah video dalam waktu satu menit. Untuk bergabung, pengguna harus memiliki minimal 10.000 pengikut dan 100.000 tampilan dalam 30 hari terakhir. Penghasilan juga akan didasarkan pada penayangan dan metrik keterlibatan TikTok lainnya.


Kreator harus memenuhi beberapa persyaratan untuk bergabung dengan program ini dan mulai menerima uang dari platform. Anggota Dana Kreator memperoleh uang berdasarkan jumlah keterlibatan yang mereka peroleh pada konten mereka.


2. Jalankan iklan TikTok


Sekitar 67% anak berusia 18-19 tahun dan 56% anak berusia 20-29 tahun menggunakan TikTok. Hal ini menjadikan pemasaran TikTok sebagai pilihan periklanan yang tepat bagi merek yang ingin memasarkan produk mereka. Iklan TikTok hadir dengan alat yang sederhana dan canggih untuk membantu Anda beriklan ke jutaan pengguna. Format iklan bervariasi berdasarkan wilayah, namun semuanya memungkinkan Anda mempersonalisasi penargetan berdasarkan usia, lokasi, minat, dan faktor lainnya. Anda dapat memilih satu atau beberapa format yang paling sesuai untuk merek Anda.


Jenis iklan TikTok yang paling populer antara lain:


  • Video dalam feed: Muncul di Halaman Untuk Anda dari pengguna TikTok yang memenuhi parameter penargetan Anda.


  • Pengambil alihan merek: Ini memungkinkan iklan Anda diperluas ke seluruh lebar layar selama beberapa detik. Kemudian menjadi iklan video in-feed.


  • Tantangan hastag: Ciptakan tantangan menarik yang mendorong konten buatan pengguna. Tantangan-tantangan ini muncul di bagian Discovery di TikTok. Opsi ini hanya tersedia bagi merek terkelola yang bekerja sama dengan perwakilan penjualan TikTok.


Ada beberapa jenis iklan TikTok lainnya yang dapat Anda coba, namun perhatikan bahwa beberapa hanya tersedia untuk jenis akun tertentu.


3. Kumpulkan Tips Atau Sumbangan

TikTok telah memperkenalkan fitur pemberian tips yang memungkinkan pembuat konten tertentu mendapatkan uang dari tips dan donasi. Penggemar dapat menggunakan fitur ini untuk menunjukkan rasa terima kasihnya kepada pencipta yang mereka cintai.


Hadiah video memungkinkan pemirsa mengirimkan hadiah dan koin virtual kepada pembuatnya. Beberapa kreator dapat mengumpulkan hadiah selama live streaming. Hadiah dapat ditukarkan dengan Berlian atau mata uang digital TikTok.


Jika Anda menyimpan cukup Berlian, Anda dapat menukarkannya dengan uang sungguhan.


Kreator juga dapat menggunakan platform pemberian tips untuk mendapatkan uang. Tipeee, Ko-fi, dan Beli Saya Kopi dapat dihubungkan ke akun TikTok Anda untuk berfungsi sebagai toples tips.


4. Berkolaborasi dengan pencipta

Sprout Social Index™ terbaru menunjukkan bahwa 33% dan 28% generasi Milenial menghargai kolaborasi konten merek atau kreator. Komunitas pembuat konten TikTok yang berkembang pesat menjadikannya saluran yang sangat baik untuk berkolaborasi dengan orang-orang berpengaruh dengan komunitas yang sangat terlibat.


Kuncinya adalah berkolaborasi dengan kreator yang tepat yang dapat secara autentik memposisikan merek Anda kepada penontonnya, karena konten bermerek buatan kreator memiliki rasio interaksi 83% lebih tinggi.


Creator Marketplace TikTok adalah tempat Anda dapat terhubung dengan pembuat konten di jaringan. Dalam beberapa langkah, Anda dapat menemukan influencer dan menjalankan kampanye bersama mereka. Temukan pembuat konten berdasarkan sasaran bisnis, anggaran, dan industri, serta temukan kinerja komprehensif dan metrik pemirsa untuk pengambilan keputusan berdasarkan data.


TikTok memiliki beberapa persyaratan kelayakan untuk Creator Marketplace, sehingga hanya kreator terpilih yang dapat bergabung. Hal ini meyakinkan pemasar bahwa pembuat konten yang bermitra dengan mereka adalah salah satu pemberi pengaruh terbesar di TikTok.


5. Coba pemasaran afiliasi

Melalui program pemasaran afiliasi, pembuat konten dan bisnis lain dapat mempromosikan dan menjual produk atau layanan perusahaan lain untuk mendapatkan komisi.


Untuk menjadi pemasar afiliasi yang sukses, Anda perlu menghasilkan penjualan secara online. Fokus pada mempromosikan produk yang paling sesuai dengan target audiens Anda. Buat video menarik yang menampilkan produk afiliasi, menunjukkan nilai dan alasan Anda merekomendasikan untuk membelinya. Coba promosikan merek yang Anda sukai dan percayai, bagikan tautan atau kode afiliasi untuk melacak pembelian yang dipengaruhi oleh akun Anda.


Jika follower melakukan pembelian melalui link atau kode yang diberikan, maka Anda akan menerima komisi dari brand atas penjualan tersebut. TikTok tidak mengizinkan akun pribadi menempatkan tautan yang dapat diklik dalam deskripsi video. Namun Anda dapat meminta pengikut untuk menyalin dan menempelkan tautan ke browser mereka, atau memasukkan kode khusus saat pembayaran. Situs seperti Beacon memungkinkan Anda membuat halaman web gratis yang berisi link afiliasi dan detail produk yang dipromosikan. Jika Anda memiliki akun bisnis, Anda dapat menambahkan link di bio Anda.


Jika Anda seorang pemasar internal, buatlah program pemasaran afiliasi dengan pedoman dan petunjuk yang jelas tentang cara berpartisipasi. Undang TikToker yang selaras dengan nilai merek dan audiens target Anda untuk berpartisipasi. Dorong afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan yang paling sesuai dengan tujuan dan audiens bersama Anda. Dan yang terpenting, terapkan sistem pelacakan sehingga Anda dapat memantau kinerja afiliasi dan pembayaran komisi.


6. Kembangkan dan jual akun TikTok

Menumbuhkan akun TikTok secara organik bisa memakan waktu berbulan-bulan. Namun, Anda dapat membeli akun yang sudah ada untuk mendapatkan peningkatan pengikut secara instan.


Agar berhasil menghasilkan uang dengan menjual akun TikTok, pembuat konten harus fokus pada topik khusus yang dapat dipertahankan oleh pembeli. Ini akan memudahkan pembeli untuk terus memposting konten serupa dan mempertahankan keterlibatan pengikut.


Merek yang mempertimbangkan untuk membeli akun yang sudah mapan harus melakukan uji tuntas. Akun dengan banyak pengikut tetapi keterlibatan rendah mungkin tidak memberikan keuntungan yang Anda cari. Selain itu, pastikan akun tersebut melayani audiens yang Anda targetkan dan kontennya selaras dengan merek dan sasaran Anda.


Merek dapat membeli akun dengan pengikut aktif dari platform seperti 123accs, Accfarm, dan Fameswap.


7. Publikasikan postingan bersponsor

Untuk aktivasi yang lebih kecil, merek dapat mensponsori postingan yang langsung ditampilkan di profil pembuat konten. Mirip dengan kolaborasi pembuat konten, kampanye ini memungkinkan merek membayar pembuat konten untuk mempromosikan produk mereka di postingan organik. Sponsori postingan tunggal atau buat serial. Jika mulai menjadi tren, Anda dapat meningkatkan postingan tersebut untuk memperluas jangkauannya lebih jauh.

8. Buat akun Patreon

Akun Patreon memungkinkan pembuat konten memperoleh pendapatan dari penggemar melalui keanggotaan yang memungkinkan akses eksklusif ke konten. Gunakan TikTok untuk mempromosikan pendaftaran keanggotaan.

Cobalah untuk menjaga biaya berlangganan Anda tetap rendah untuk mendorong pelanggan dan mempertimbangkan untuk memberi penghargaan kepada pelanggan baru. Misalnya, memberikan merchandise atau akses konten eksklusif kepada pengikut Anda yang paling setia. Tambahkan tautan ke halaman Patreon Anda di video Anda atau tambahkan ke bio Anda untuk memudahkan pengikut berlangganan kapan pun mereka siap.


9. Jual produk dan merchandise Anda

Barang dagangan, barang dagangan, barang dagangan. Strategi yang terbukti benar ini juga berlaku untuk TikTok. Ubah karya seni asli, kutipan, atau logo merek Anda menjadi merchandise dan promosikan di TikTok. Tampilkan produk Anda yang sudah ada dalam tutorial atau pamerkan produk Anda seiring tren.


Dengarkan audiens Anda jika Anda tidak yakin apa yang harus dijual. Buat jajak pendapat atau tanyakan langsung kepada mereka untuk mengetahui apa yang mungkin mereka beli.


Jika Anda memiliki akun pribadi, buatlah situs ecommerce untuk memproses transaksi penjualan dan mempromosikannya di akun TikTok Anda. Tambahkan toko ke video Anda, dan dorong pengikut Anda untuk melihat produk Anda.


Jika Anda memiliki akun TikTok Business, Anda dapat menghubungkan platform seperti Shopify, BigCommerce, Square Online, dan toko Ecwid ke akun Anda.


10. Siapkan toko TikTok

TikTok bermitra dengan Shopify untuk meluncurkan fitur TikTok Shopping. Merek dan pencipta dapat menjadi pedagang resmi TikTok dan menjual langsung di aplikasi.


Dengan membuat Toko TikTok, Anda dapat memamerkan produk di video in-feed, siaran langsung, dan tab etalase produk. Jika memenuhi syarat untuk fitur ini, Anda dapat mendaftar menjadi penjual di TikTok Seller Center, tempat Anda dapat mengelola inventaris, pesanan, kemitraan pembuat konten, promosi, dan lainnya. Namun, pusat penjual hanya tersedia di wilayah tertentu.


11. Tawarkan konten eksklusif di TikTok

TikTok baru saja meluncurkan fitur monetisasi baru pada bulan Juni 2023 yang disebut Seri TikTok. Fitur baru ini adalah cara untuk membuat konten eksklusif yang berada di balik paywall.


Kreator yang berminat dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan akses ke fitur baru ini, namun ada kriteria lain yang juga harus mereka penuhi:


  • Kreator harus berusia 18+
  • Akun mereka harus berusia minimal 30 hari
  • Mereka harus memiliki setidaknya 10.000 pengikut
  • Mereka pasti telah memposting 3+ video publik dalam 30 hari terakhir
  • Mereka harus memiliki setidaknya 1.000 penayangan dalam 30 hari terakhir
  • Kreator yang memiliki kurang dari 10.000 pengikut mungkin masih memenuhi syarat jika mereka dapat memberikan link ke konten premium yang berhasil mereka jual di platform lain.


Seri Anda dapat berisi hingga total 80 video, masing-masing berdurasi hingga 20 menit. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memberikan konten pendidikan yang berharga kepada audiens Anda dengan biaya satu kali saja. Anda dapat menetapkan harga untuk setiap Seri TikTok yang Anda buat.


12. Berikan hadiah virtual

Fitur monetisasi lainnya adalah hadiah virtual pada video Anda. Orang yang sangat menikmati konten Anda dapat mengirimi Anda hadiah virtual sebagai tanda penghargaan mereka yang kemudian dapat dikonversi menjadi uang sungguhan.


Aktifkan opsi hadiah agar ikon kotak hadiah kecil muncul di sebelah kotak komentar. Pengguna yang tertarik untuk meninggalkan hadiah dapat mengetuknya untuk mengunjungi antarmuka ini:


Paket koin dapat dibeli dengan bertahap sebagai berikut:


20 koin, 65 koin, 330 koin, 660 koin, 1.321 koin, 3.303 koin, 6.607 koin, 16.500 koin.


Koin-koin ini kemudian dapat digunakan untuk membeli dan mengirim hadiah virtual ke pembuat konten favorit pengguna, dengan hadiah berkisar antara 5 hingga 3.000 koin. Aktifkan hadiah virtual untuk menawarkan opsi ini kepada pemirsa Anda


13. Selenggarakan acara langsung atau lokakarya

TikTok Live adalah cara hebat lainnya untuk menghasilkan uang. Mirip dengan hadiah video virtual, pengguna juga dapat mengirim hadiah langsung. Ikon kotak hadiah kecil akan muncul di bagian bawah video langsung sehingga pengguna dapat mengetuk dan membeli berbagai hadiah. Kisarannya bahkan lebih besar, ada yang hanya berupa satu koin dan ada pula yang mencapai 10 ribu koin.


Beberapa kreator TikTok telah membagikan bagaimana live streaming dapat digunakan untuk menghasilkan uang. Pastikan video langsung Anda menghibur dan bernilai sehingga pengguna tetap ingin menontonnya. Semakin konsisten pemirsa yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan mereka untuk bertahan dan mengirimi Anda hadiah virtual.


14. Tawarkan sapaan yang dipersonalisasi

Jika Anda memiliki banyak pengikut, TikToker yang ingin mengembangkan akunnya mungkin bersedia membayar untuk shoutout yang dipersonalisasi. Pilih titik harga dan jual shoutout sebagai cara lain untuk menghasilkan uang. Harga Anda mungkin sedikit trial and error. Jika Anda tidak mendapat gigitan, Anda mungkin ingin menurunkannya. Namun di sisi lain, jika peminatnya banyak, Anda mungkin bisa menaikkan harganya.


Anda kemudian dapat meneriaki orang-orang ini selama video langsung atau selama video umpan. Anda bahkan dapat memilih untuk menawarkan dua titik harga yang berbeda (dengan video feed yang harganya lebih mahal) sehingga pengguna dapat memilih di mana mereka ingin diteriakkan.


15. Jual produk digital

Terakhir, pertimbangkan untuk menjual produk digital. Anda dapat membuat toko dengan TikTok dan menautkan ke produk digital Anda dari sana, sehingga memudahkan melakukan penjualan. Promosikan produk Anda dalam video Anda dan sertakan URL toko Anda di profil Anda sehingga pengguna dapat menemukannya dengan mudah.


Pelajari lebih lanjut tentang TikTok untuk bisnis

Strategi-strategi ini dapat meningkatkan permainan TikTok Anda dan menempatkan Anda pada jalur yang jelas untuk menghasilkan uang dari aplikasi. Pelajari cara mendapatkan lebih banyak pengikut TikTok sehingga Anda dapat meningkatkan potensi penghasilan Anda lebih banyak lagi.


  • FAQ cara menghasilkan uang di TikTok

Berapa banyak pengikut yang Anda perlukan di TikTok untuk menghasilkan uang?

Untuk beberapa fitur yang disebutkan dalam strategi monetisasi di atas, Anda harus mencapai jumlah minimum pengikut di TikTok. Misalnya, Dana Kreator memerlukan setidaknya 10.000 pengikut untuk bergabung.


Di sisi lain, Anda hanya perlu 1.000 pengikut untuk menerima hadiah virtual di TikTok Live. Namun untuk menerima tips dan hadiah dari jenis video lain, Anda harus memiliki minimal 100.000 pengikut.


Berapa banyak penayangan yang Anda perlukan di TikTok untuk menghasilkan uang?

Untuk bergabung dengan Dana Kreator, Anda harus sudah menerima minimal 100.000 penayangan di video Anda dalam waktu 30 hari. Jika tidak, Anda tidak perlu memiliki jumlah penayangan tertentu untuk membagikan tautan ke produk Anda di video atau bio Anda.


Bagaimana cara Anda dibayar di TikTok?

Setelah Anda memenuhi kriteria pembayaran TikTok, Anda akan melihat uang Anda di Dasbor Dana Kreator sekitar tiga hari setelah video Anda ditonton. Untuk membuka Dasbor Dana Kreator, cukup buka profil Anda, klik “…” untuk membuka pengaturan, buka “Alat Kreator”, lalu tekan “Dana Kreator TikTok”.


Setelah Anda memiliki setidaknya $10, Anda dapat menarik penghasilan Anda 30 hari setelah bulan perolehannya. Anda dapat mengirim uang ke metode pembayaran pilihan Anda, bisa berupa PayPal atau Zelle.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS